Gudangnya Informasi & Pengetahuan

Cara Otentikasi Taspen Terbaru di Handphone Android & iPhone


Baru-baru ini Taspen (Tabungan Pensiun) telah meluncurkan aplikasi terbaru yang diperuntukan bagi peserta pensiun Taspen agar memudahkan dalam melakukan otentikasi atau buka blokir, yang biasanya untuk peserta pensiun harus otentikasi manual setiap bulannya ketika akan melakukan pengambilan dana pensiun bulanan, dengan adanya aplikasi ini cukup dilakukan di rumah dengan handphone dan lebih praktis. Aplikasi Taspen ini adalah "Otentikasi Taspen" yang sudah bisa di download oleh peserta pensiun Taspen di Google Play Store untuk pengguna handphone android dan di Apple Store untuk pengguna iPhone.

Sebelum anda bisa melakukan otentikasi melalui handphone, pastikan anda sudah melakukan proses Enrollment terlebih dahulu di kantor Taspen terdekat. Apa itu Enrollment? Enrollment adalah pengkinian data biometrik oleh pihak Taspen bagi seluruh peserta pensiun Taspen. Syaratnya untuk melakukan Enrollment cukup dengan membawa KTP dan KARIP (Kartu Identitas Pensiun) pada hari kerja senin sampai dengan jumat dimulai pukul 08.00 sampai 15.30 ke kantor Taspen terdekat.

Jika anda sudah melakukan Enrollment, barulah anda bisa melakukan otentikasi di handphonenya. Berikut akan kami urutkan Cara Otentikasi Taspen Terbaru di Handphone Android & iPhone, silahkan disimak baik-baik ya.

1.Download Aplikasi Otentikasi Taspen
Download dan install Aplikasi "Otentikasi Taspen" di Google Playstore atau di Apple Store sampai selesai

2.Masukan Notas (Nomer Taspen) atau Nopen (Nomer Pensiun)
Kemudian masukan no pensiun anda, biasanya no pensiun ini ada di KARIP (Kartu Identitas Pensiun) yang berjumlah 9 atau 11 digit atau bisa juga menggunakn NIP lama dan tambahkan 0 dua kali diakhir

3.Otentikasi Wajah
Setelah memasukkan notas atau no pensiun, biasanya anda akan diarahkan ke tahapan otentikasi yang pertama yaitu otentikasi ajah. Nanti akan ada instruksi di aplikasi tersebut. Silahkan anda ikuti saja instruksi atau perintah yang ada dilayar handphone anda. Biasanya hanya mencocokan wajah dengan kolom wajah yang sudah tampil, kemudian mengangguk anggukan kepala, Geleng geleng dan kedip mata. Mungkin setiap instruksi sedikit berbeda di handphone yang lain.

4.Otentikasi Suara
Kemudian untuk otentikasi yang kedua adalah pengenalan aplikasi dengan suara anda. Nanti akan ada dilayar handphone berupa angka-angka yang nantinya harus anda sebutkan satu persatu angka tersebut. Pastikan ketika otentikasi suara ini tidak ada suara lainnya selain suara anda sendiri. Ucapkan secara perlahan dan untuk pengucapan angka 0 itu adalah Nol bukan Kosong. Pastikan juga anda menekan tombol merah (mic) ketika pengucapan angka.

5.Otentikasi Sidik Jari
Dan untuk yang terakhir anda akan diminta untuk pemindaian sidik jari. Untuk ditahapan ini, banyak keluhan dari peserta pensiun taspen yang sering gagal. Jika anda sering gagal pada tahap ini, mungkin bisa mengikuti cara berikut. Pertama gunakanlah tangan kanan terlebih dahulu dimulai dari ibu jari, telunjuk, jari tengah, jari manis dan kemudian kelingking. Dan dilanjutkan tangan yang kiri dengan cara yang sama yaitu dari ibu jari sampai jari kelingking. Jika masih gagal bisa ikuti instruksi di layar handphone anda kembali. Jika berhasil, nanti akan ada pemberitahuan bahwa otentikasi telah berhasil dan diikuti oleh data-data anda yang muncul. Seperti foto, no taspen dan lain-lain.

Itulah Cara Otentikasi Taspen Terbaru di Handphone Android & iPhone. Bagi peserta pensiun yang masih kesulitan dalam melakukan otentikasi dihandphone dikarenakan usia peserta yang sudah mulai uzur dan terkendala masalah fisik, anda tidak perlu khawatir. Karena otentikasi masih bisa dilakukan secara manual dibank penerima dana pensiun Taspen. Sekian dulu Cara Otentikasi Taspen Terbaru di Handphone Android & iPhone, jika ada pertanyaan mengenai otentikasi, anda bisa memberikan komentar di kolom komentar dibawah ini. Mohon dibantu untuk share artikel ini, agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sekian dan terima kasih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar