Cara Mengembalikan File Foto dan Data yang Terhapus di Android dengan Sangat Mudah


Kita semua tahu bahwa ponsel Android sekarang menjadi salah satu ponsel pintar paling populer di dunia, selain dapat digunakan untuk kebutuhan komunikasi dan multimedia ponsel Android kini dilengkapi dengan media penyimpanan yang siap digunakan seperti flash disk.




Pada perangkat Android saat ini ada 2 type kategori penyimpanan yang dapat kita gunakan bersamaan, yang pertama adalah penyimpanan internal atau disebut sebagai memori internal dan yang kedua adalah penyimpanan eksternal yang disebut memory eksternal (dalam bentuk SD Card).

Memori internal biasanya telah dibangun dengan perangkat Android dan tidak portabel atau tidak dapat dipasang, sementara memori eksternal portabel dan kami dapat menghapusnya, biasanya dalam bentuk kartu SD yang memiliki berbagai ukuran kapasitas.
Sangat Mirip dengan media penyimpanan disk, media penyimpanan ponsel Android juga rentan hilang, penyebabnya bisa karena diformat, pengaturan ulang pabrik (dikembalikan ke pengaturan pabrik, terkena virus atau terhapus secara tidak sengaja, beberapa bahkan mengalami kehilangan data setelah ponsel berakar).

Masalah ini sering dialami oleh banyak pengguna android, mereka kehilangan data seperti lagu / musik / mp3, file video dan data lain yang mereka anggap sangat penting, sehingga banyak dari mereka menggunakan berbagai cara untuk mencoba mengembalikan data android yang terhapus dan hilang dari perangkat penyimpanan android-nya.

Anda perlu tahu bahwa data di hp android hilang baik karena dihapus atau karna diformat, sebenarnya itu tidak dihapus secara permanen 100%, biasanya data masih meninggalkan jejak yang akan hilang dalam periode waktu tertentu, sehingga data yang dihapus memungkinkannya untuk dikembalikan.

Bagaimana Cara Untuk Mengembalikan Data yg Terhapus di Android?

Untuk mengembalikan data yang sudah dihapus, sebenarnya sangat sulit jika dilakukan secara manual, cara yang paling praktis dan mudah adalah dengan menggunakan alat pihak ketiga khusus yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang dihapus. Alat-alat seperti itu biasanya dirancang untuk mencari sistem penyimpanan android terdalam sehingga bisa mengangkat data yang sudah dihapus.

Khusus untuk ponsel yang telah di-rooting Anda bisa menggunakan metode yang satu ini, metode ini cukup ampuh untuk mengembalikan data penting di ponsel android Anda yang telah terhapus.

Disk Digger Undelete

Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yaitu versi gratis dan versi pro, alias permium atau berbayar, bedanya adalah jika gratis, Anda hanya dapat mencari file foto atau gambar dalam format PNG, JPG dan MP4, sedangkan untuk lainnya format hanya tersedia pada versi pro.

Langkah-langkah untuk memulihkan data yang dihapus dengan aplikasi disk penggali yang tidak terhapus adalah sebagai berikut :


  • Unduh aplikasi penggali disk di Google Play Store, silakan cari menggunakan kata kunci disk Digger
  • Instal aplikasi di perangkat Android Anda, lalu jalankan, jika Anda meminta akses root, cukup tekan allow.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih format file yang ingin Anda cari dan pemulihan, silakan periksa format file yang dimaksud
  • Jika Anda telah menekan tombol OK, aplikasi disk penggali akan mencari data yang dimaksud yang telah dihapus sebelumnya.
  • Gambar dan data mp4 yang ditemukan akan ditampilkan di hasil pencarian,
  • Klik pada gambar 3 poin kemudian pada menu yang muncul, cukup pilih menu Simpan file ini secara lokal, maka Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan, pilih dan tekan tombol OK, sehingga pemulihan data akan disimpan lagi pada Anda perangkat android.


Mudah bukan, silakan coba sendiri, semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel