Cara Partisi SD Card Handphone Android Hanya Dalam Hitungan Menit


Memori internal adalah bagian yang paling penting dari Android. Namun, sebagian besar perangkat Android memiliki memori internal yang kecil. Itu adalah masalah terbesar bagi pengguna Android. Tidak dapat menginstal banyak aplikasi karena keterbatasan media penyimpanan ini. Android yang lambat bisa juga karena alasan memori terlalu penuh. Dan solusi terbaik yang dapat dilakukan sobat adalah mempartisi SDcard untuk ditambahkan ke memori internal Android.



Kenapa harus partisi sdcard?

Partisi sdcard berfungsi untuk membagi memori menjadi beberapa bagian penyimpanan yang nantinya sebagian memori dapat dialokasikan sebagai memori internal.
Nah, setelah dipartisi, Anda dapat memindahkan semua atau sebagian aplikasi ke memori internal bawaan. Memori internal kalau bisa di usahakan lebih lega dan teman-teman dapat menginstal semua aplikasi yang Anda inginkan disitu.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara menerapkan partisi kartu SD dengan menggunakan dua metode di atas. Baca sampai habis ya.
Anda harus membaca dengan hati-hati agar tidak ada kesalahan saat mempartisi, alasannya adalah bahwa jika terjadi kesalahan, kartu SD sobat akan menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Jadi harap diperhatikan benar benar.

Cara Mempartisi kartu SD tanpa PC

Metode yang pertama ini mungkin lebih mudah digunakan karena alasan mengapa sobat tidak perlu repot menggunakan PC untuk mempartisi SDcard. Anda dapat mempersonalisasi partisi kartu SD menggunakan aplikasi android yang dapat sobat peroleh secara gratis di Google PlayStore. Teman teman bisa cari langsung dengan mengetikan nama aplikasinya yaitu Aparted.
Aplikasi ini nantinya akan membantu teman-teman untuk mengimplementasikan bagaimana caranya mempartisi kartu SD hanya dalam hitungan menit. Tetapi sebelum menerapkan partisi kartu SD tanpa PC dengan terpisah, teman-teman sebelumnya harus menyiapkan beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Berikut yang perlu ada siapkan, lihat di bawah :

Bagaimana Cara UntukPartisi SD Card?


  • Android terlebih dahulu harus di ROOT, jika Anda belum bisa caranya silahkan cek di google terlebih dahulu dengan mengetikan kata kunci " Cara root handphone android ".
  • Kapasitas kartu SD yang ingin Anda partisi setidaknya harus berkapasitas 4 GB.
  • Aplikasi utama adalah Android Partition Aparted. Anda bisa mendapatkan gratis di Google playstore atau langsung di sini.


Jika persyaratan tersebut telah terpenuhi, maka sekarang saatnya untuk mengimplementasikan cara partisi kartu SD dengan terpisah. Anda harus mencadangkan semua data pada kartu SD terlebih dahulu, alasan karena nanti akan memformat kartu SD. Berjaga jaga saja jika nanti dikhawatirkan ada kendala dan hal yang diluar dugaan, jadi back up saja dulu. Untuk metode pencadangan, Anda dapat menggunakan pencadangan Titanium atau aplikasi lain yang mampu mencadangkan data.
Atau alternatif yang lain, jika teman-teman mampu membeli kartu SD baru. Teman-teman pindahkan saja semua datanya ke SDcard yang perlu tanpa perlu repot mencadangkan data pada kartu SD sebelumnya. 

Untuk cara mempartisi 4GB SDcard, 8GB atau 16GB semuanya sama, perbedaannya hanya pada pembagian memori.
Ikuti cara mempartisi kartu SD dengan cermat di bawah ini :

Format data pada Kartu Micro SD teman terlebih dahulu. 
Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan → Penyimpanan → Kemudian pilih hapus penyimpanan eksternal.

Setelah format selesai, sekarang pilih Lepas Kartu SD. 
Ada dalam Pengaturan → Penyimpanan → Lepaskan kartu SD. 
Nah, sekarang kartu SD sudah siap untuk dipartisi. Ikuti langkah selanjutnya. 

Buka aplikasi Terpisah, pilih "Buat" dan klik ikon "+ PLUS" hingga 3 kali. Ikon ini berfungsi untuk membuat partisi.
Partisi pertama mengubah format ke Fat32. Partisi kedua menjadi Ext2, dan partisi ketiga menjadi Swap. Buddy mampu mengatur kapasitas partisi sesuka teman dengan menggeser scroll yang disediakan.

Untuk partisi pertama, Fat32 memberikan kapasitas terbesar. Saya sarankan menggunakan sekitar 80 hingga 90 persen alasannya partisi pertama digunakan sebagai memori eksternal, yaitu untuk menyimpan foto, video, dan lainnya.

Untuk partisi kedua, Ext2 berfungsi sebagai memori internal. Partisi ketiga, SWAP, berfungsi untuk membantu meringankan kinerja RAM. SWAP tidak perlu terlalu banyak alasan dari Linux asalkan ruangh anya 100-500MB.
Jika sobat telah membaginya menjadi 3 bagian seperti diatas, maka sekarang tekan ikon titik 3 di bagian atas. Kemudian pilih terapkan perubahan. Akan muncul peringatan data akan dihapus, pilih OK dan tunggu sampai proses selesai. Langkah terakhir, silakan reboot android sobat. Dan selesai kartu SD sobat telah berhasil dipartisi. Maaf jika agak sedikit berntakan dalam penyusunan kalimat untuk artikel ini, karena masih dalam proses belajar menjadi penulis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Blog, Updated at: April 10, 2019

0 comments:

Posting Komentar

Postingan Terbaru